Tuesday, May 10, 2011

Sifat Kejahatan Mengikuti Perubahan Masyarakat

Dalam masyarakat yang sedang berubah, seperti di Kota jakarta ini, Sifat kejahatan juga berubah dengan cepat mengikuti perubahan yang terjadi di dalam masyarakat. Pola kejahatan juga berubah seiring perubahan pola hidup masyarakat.

Dalam perkembangan pembangunan yang cepat di pinggiran Kota Jakarta juga mendorong perubahan sifat kejahatan. Sementara di pusat kota dengan ketimpangan distribusi sumber daya juga menjadi problem yang mencolok.

Apalagi, di satu sisi tumbuh sejumlah daerah kumuh dan padat penduduk, pada saat yang hampir bersamaan juga tumbuh wilayah permukiman, perkantoran, dan pusat niaga modern yang mempertontonkan kesenjangan ekonomi.


Disisi yang lain, kejahatan yang terjadi dalam masyarakat juga bisa menjadi indikator adanya perubahan pola kejahatan kerah putih, terutama tindak korupsi yang dibiarkan.


Seperti
data dari kepolisian pada akhir 2010 telah memprediksi sejumlah kejahatan konvensional akan tetap marak di tahun 2011. Seperti tindak pencurian kendaraan roda dua, kejahatan jalanan, pelanggaran ketertiban umum dan keamanan. Kasus kasus ini tidak hanya meresahkan warga Jakarta sendiri melainkan seluruh indonesia.

Seperti pada kasus pencurian kendaraan roda dua yang marak terjadi di lingkungan kampus dan kos kosan. Terjadi karena banyaknya satu sama lain yang tidak saling mengenal dan masa bodoh dengan orang lain, hingga pencuri tidak diketahui karena mereka menganggap si pencuri adalah teman atau rekan dari si pemilik kendaraan. Atau boleh di bilang lingkungan kos kosan memiliki ikatan sosial yang rendah.


ref : mediaindonesia

No comments:

Post a Comment